Sunday, October 21, 2007

Global warming guyz... Do Something, NOW!!!!


Uh, gila... panas bgt ya udara kayanya... Jakarta panas bgt ih....

mungkin itu yang sering kita omongin skarang, udara panas banget, mau siang, malem jg kadang2 masi panas lho, dan ngerinya g jakarta doang, bumi KITA jg gt...

Apasih namanya smua kjadia ini? namanya GLOBAL WARMING, ato pemanasan global,

Sebenernya ni peristiwa di karenakan oleh peningkatan emisi gas rumah kaca yg ada di atmosfer (greenhouse effect => ato gas2 yang ada di atmosfir bumi nangkep panas,)

Loh? apanya yang salah? sebenernya malah bagus lho, soalnya dengan terperangkapnya panas di atmosfer, bumi jadi anget, kalo g ada greenhouse effect, kita bisa mati kedinginan, mau idup di mars? ahaha. tapi, ternyata gara2 ulah kita jg, emisi gas yang terperangkap di atmosfer bumi juga meningkat jauh nih, akibatnya ya global warming ini..

tadi kan uda gw bilang global warming ini disebabkan oleh greenhouse effect, jadi crita simpelnya green house effect tu gini, sinar matahari kan nyinarin permukaan bumi, sinarnya diserap kan ama permukaannya, bis itu di radiasiin balik ke atmosfer jadi panas, nah, gas2 yang ada di atmosfer tadi nahan panas itu, tapi masih ada sbagian yg keluar ke luar angkasa,

Nah, gampangkan? kalo pake logika, smakin banyak gas2 yang ada di atmosfer, brarti panas yang terperangkap jadi banyak kan? panas itu jadinya => GLOBAL WARMING GUYZ!!!
Nah, kan gw udah ngegembar - gemborin global warming nih, emang knapa sih? why is this a concern???

Peningkatan gas (CO2, Methane, NO2 (bukan N20 lho ya)) yang gila2an... IS A PROBLEMMM!!
karena... perubahan iklim yg drastis ini lebih cepet daripada kemampuan beradaptasi makhluk idup, di samping itu, berubahnya iklim jg bikin tantangan2 baru buat hidup kita..

1) earth's remaining ice sheets di antartika dan greenland udah mulai mencair, dan ini meningkatkan banyaknya air laut yang ada

2) weather can be more extreme! bakalan banyak storm yang melanda bumi, di ikuti seringnya ujan, tapi kemaraunya panjang (hayo, udah ngerasain kan?)

3) nah kalo musim2 udah kacau, menurut lo petani jadi susah bertani g? (kalo susah bertani, berarti makanan jadi apa?...)

4) kalo glasier2 es mencair, trus jadi air laut, air minum kita juga berkurang lho!

Oh may, serem kan, ini bukan mimpi ato bull shit loh, udah kjadian, IT'S HAPPENING RITE NOW!!!

Trus? gmana cara ngebantu ngeberhentiinnya?? nih beberapa, gampang2 ko,

1) yang paling gampang? EDUCATE YOURSELF, kalo g tau apa, gmana mau ngomong ama org?

2) ganti 3 light bulbs yang sering lo pake ama compact fluorescent bulbs, (bisa ngehemat 300 pon CO2 dan kira2 $60 dolar per tahun)

3) jangan lupa, keep your car tires inflated! cek per bulan yah, (bisa ngehemat 250 pon C02 dan $840 per taun!)

4) beli barang yang kemasannya g gede, coz less packaging could reduce your garbage by about 10%! (bisa ngehemat 1200 pon CO2 dan 1000 dolar per taun)

5) cabut barang elektronik yang lagi g lo pake (walaupun mati, ternyata brg elektronik yang masi tertancap di stop kontak masi make energi) bsa ngehemat 1000 pon CO2 dan $256 per taun

6) Take quick showers insted of baths! kalo pake air panas, temp.nya lo turunin aja, dan mandinya lbih cpet yaaa!!!

Sekian dari blog ini, kita harus gerak skarang, kalo bukan kita siapa lagi?

out.

No comments: